Posisi Tidur yang Mencerminkan Kepribadian Anda

Apakah Anda tidur terlentang, tengkurap atau menghadap ke samping? Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Chris Idzikowski, direktur Sleep Assessment and Advisory Service, posisi tidur sangat berkaitan dengan kepribadian. Posisi tidur diyakini sebagai bahasa alam bawah sadar tubuh yang menggambarkan sifat-sifat manusia. Selain itu, posisi tidur tertentu, dinyatakan baik bagi kesehatan, namun ada juga yang memicu mimpi buruk. Bagimana dengan Anda? Berikut posisi tidur paling umum yang bisa membantu Anda mengenali kepribadian dan memilih posisi yang baik bagi kesehatan.

Fetal Position (48%)

Orang yang tidur dengan posisi ini tidur dengan meringkuk, seperti bayi yang berada di dalam rahim. Umumnya tidur di salah satu sisi tubuh, kedua kaki menekuk dekat dengan perut. Kedua tangan menekuk di depan tubuh. Tidur dengan posisi ini sangat tidak dianjurkan. “Posisi melengkung ini akan menekan diafragma sehingga bisa mengganggu pernapasan,” kata Dody Chang, ahli akupuntur dari Center for Integrative Medicine, AS. Ia menambahkan, posisi tidur melengkung ini juga bisa menyebabkan nyeri punggung, wajah keriput lebih cepat, serta payudara mengendur. Kendati begitu posisi tidur ala janin ini sering dirasa nyaman oleh ibu hamil.

Kepribadian orang yang tidur dengan posisi ini umumnya terlihat tangguh di luar, tapi sebenarnya sensitif di dalamnya, juga pemalu. Tipe ini juga mudah dan cepat relaks, tidak terlalu lama memusingkan masalah.

Log Position (15%)

Layaknya balok kayu, posisi tubuh tipe log umumnya tidur dengan menumpu pada salah satu sisi tubuh, kaki dan tangan lurus, tidak tertekuk.

Posisi tidur miring merupakan posisi tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil. Selain melancarkan sirkulasi darah, saat perut semakin membesar, posisi tidur terlentang bisa membuat sesak napas. Kelemahan dari posisi tidur ini adalah mempercepat timbulnya kerutan di wajah. “Semua tekanan akan berada pada satu sisi yang menghadap bantal,” kata Dr.Roshini Rajapaksa, editor kesehatan majalah Health.

Orang yang tipe tidurnya seperti ini ditengarai memiliki kepribadian yang santai dan mudah bersosialisasi. Amat mudah percaya kepada orang asing. Namun, sayangnya kadang mudah tertipu oleh janji orang lain.

Yearner Position (13%)

Selayaknya orang yang ingin memeluk, tipe yearner tidur dengan menumpu salah satu sisi tubuh, kaki lurus tak tertekuk, namun tangan seperti ingin menggapai. Lengan tergeletak lurus, seperti ingin menggapai.

Tipe seperti ini biasanya memiliki kepribadian yang terbuka, namun tetap memiliki sikap sinis dan mudah curiga. Tipe ini juga lamban dalam mencapai keputusan dan sulit untuk mengubah pendirian dan pendapatnya.

Soldier Position (9%)

Seperti prajurit yang selalu berada dalam keadaan siap siaga, posisi prajurit merupakan posisi orang yang tidur dengan keadaan rapi. Tubuh dalam keadaan telentang, kedua kaki dalam keadaan lurus, masing-masing lengan berada di sisi tubuh, juga lurus. Posisi tidur ini sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, mengurangi refleks asam lambung.
Sayangnya posisi tidur terlentang ini bisa menyebabkan ‘ngorok’. Untuk mereka yang sering mendengkur disarankan untuk menggunakan bantal yang empuk agar kepala dan leher tidak tersangga terlalu tinggi. Tidur terlentang juga sering menyebabkan nyeri punggung, karena itu letakkan bantal di bawah lutut sehingga tungkai agak tertekuk.

Biasanya, orang yang tidur dengan tubuh ini adalah orang yang pendiam dan pemalu, tidak menyukai keributan. Tipe ini juga memiliki standar penilaian yang tinggi.

Freefaller (7%)

Posisi ini tidur dengan keadaan tengkurap. Untuk mereka yang sering mengeluh nyeri punggung, sebaiknya menghindari posisi tidur tengkurap, kecuali perut diberi ganjalan bantal. Posisi tidur seperti ini sulit menjaga posisi netral untuk tulang punggung. Tidur tengkurap akan memberi tekanan pada sendi dan otot-otot sehingga mengiritasi saraf dan menyebabkan nyeri, serta kebas. Selain itu dalam posisi ini kepala akan berada pada satu sisi dalam waktu lama sehingga leher akan pegal.

Biasanya, orang dengan tipe posisi tidur ini cenderung ceroboh, tergapah-gopoh, juga sensitif, namun memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi. Sayangnya, sulit untuk menerima kritik.

Starfish Position (8%)

Tidur terlentang pada punggung dengan tangan dan kaki terulur keluar.

Untuk mereka yang tidur dengan posisi kedua lengan tertekuk dan ditempatkan di sisi kepala, mereka ditengarai memiliki kepribadian sosial yang tinggi. Biasanya, mereka yang tidur dengan posisi yang dimiliki 8 persen para responden ini memiliki kepribadian yang mudah berteman. Siap untuk mendengarkan orang lain dan mudah menawarkan bantuan. Tipe ini pun memiliki sifat yang rendah hati, karenanya tak terlalu menyukai menjadi pusat perhatian.

Namun, para peneliti ini juga mengingatkan, seperti apa pun posisi tidur Anda, yang terpenting adalah bahwa Anda mendapatkan cukup waktu tidur, juga tidur dengan nyenyak. Kekurangan tidur dan masalah tidur lain bisa menimbulkan masalah pada kesehatan.

 Nice Dream 🙂

 
Source:
 
http://anam78.blogspot.com/2011/04/karakter-seseorang-berdasarkan-posisi.html
http://mbahweng.blogspot.com/2011/08/1.html
http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/07/27/1441/4/6-Posisi-Tidur-yang-Mencerminkan-Kepribadian-Anda
http://beritaterkini.us/health/posisi-tidur-paling-ideal.html
Iklan
By davitraEP Posted in Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s